Siapkan 15 Shinpei MSH Untuk Latih Polisi

0
1165

Konituban – Pasca ditetapkannya lembaga karate resmi Kepolisian Resort (Polres) Tuban (27/8) lalu, Institut Karata-Do Nasional (Inkanas) Cabang Tuban telah menyiapkan 15 Shinpei dari Majelis Sabuk Hitam (MSH) yang dimilikinya. Persiapan tersebut untuk mensuport kegiatan latihan, sekaligus membimbing kohe-kohenya di Kepolisian Sektor (Polsek) setiap pekannya.

Berlatih : Anggota Inkanas Cabang Tuban saat berlatih secara rutin di halaman Mapolres setelah diresmikan oleh Kapolres.
Berlatih : Anggota Inkanas Cabang Tuban saat berlatih secara rutin di halaman Mapolres setelah diresmikan oleh Kapolres.

“Penetapan INKANAS sebagai Lembaga resmi Karate di Kepolisian merupakan bukti kepercayaan yang kuat terhadap kemampuan dan prestasi yang diraih selama ini,” kata Pembina Inkanas Cabang Tuban, Hendrik Utomo,S.Pd (29/8).

Menurutnya latihan Karate bertujuan untuk menempa diri, menjadi pribadi yang disiplin sekaligus berkepribadian yang kokoh. Dalam Karate dilatih untuk mempertahankan diri bukan untuk menjadi petarung, tetapi lebih pada penguasaan diri dan terapan kedisplinan dalam melaksanakan tugas Negara.

INKANAS Tuban mengapresiasi langkah dari Kapolres Tuban, AKPB Fadly Samad dalam pembekalan anggotanya. Langkah awal ini diharapkan dapat menjadi setimulan, untuk menggeliatkan minat masyarakat berprestasi melalui karate.

Kaplores Tuban, AKBP Fadly Samad, menjelaskan berdirinya lembaga karate di lingkup kepolisian sangat penting. Alasannya setiap anggota harus memiliki kemampuan bela diri, ketika menjalankan tugasnya sebagai pengayom masyarakat.

“Ini sebagai wujud dukungan dari kepolisian terhadap Inkanas yang telah menorehkan banyak prestasi,” sambung pria yang dipercaya menahkodai lembaga karate Polres Tuban ini.

Setelah peresmian lembaga karate, kedepannya latihan rutin akan dilakukan setiap hari Sabtu di Polres Tuban. Disambung latihan rutin setiap hari Rabu di masing-masing Polsek yang diikuti minimal lima anggota polisi.

“Saya intruksikan setiap Polsek wajib mengirimkan lima anggotanya untuk mengikuti latihan karate,” tegasnya.

Ditambahkan pula, Inkanas merupakan lembaga karate terbesar di Bumi Wali. Sekaligus tersebar luas di Lembaga Pendidikan baik SD/MI, SMP, SMA/SMK, dan Koramil di Kabupaten Tuban.

Bahkan dikampus Unirow Tuban telah berdiri Inkanas sejak tahun 2006. Dimana banyak atlet yang mengharumkan nama Tuban di kejuaraan daerah, provinsi maupun Nasional.

Rata-rata Karate Inkanas lebih diminati pelajar mulai tingkat SD sampai SMA. Alasannya dapat menjadi bekal keterampilan bela diri, serta membentuk kepribadian yang disiplin. Dapat juga meningkatkan prestasi para pelajar, dan mengharumkan nama lembaganya masing-masing. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here