Munculkan Devisi Paralon untuk Sambut Porprov 2019

1
927

Konituban– Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Tuban, pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) IV tahun ini memunculkan devisi Paralon. Devisi baru ini diperlombakan untuk menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2019 mendatang.

Puluhan atlet Panahan adu skiil untuk menembakkan anak panahnya pada target sejauh 50 meter di lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga Jalan Sunan Kalijaga Tuban
Puluhan atlet Panahan adu skiil untuk menembakkan anak panahnya pada target sejauh 50 meter di lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga Jalan Sunan Kalijaga Tuban

“Pada Porkab IV Perpani menggelar empat devisi, meliputi devisi Recuve, Compound, Nasional, dan Paralon,” kata Ketua Perpani Tuban, Iwan Hari Widagdo, ketika ditemui usai pembukaan Cabor Panahan di lapangan Gelanggang Olahraga (Gor) Jalan Sunan Kalijaga Tuban.

Cabor yang diperlombakan mulai tanggal 14-16 Oktober 2016 ini, diikuti 56 pemanah dari usia SD, SMP, dan SMA. Peserta tersebut berasal dari SMPN 3, SMPN 1, SMPN Merakurak, SMPN 5, SMA 1, SMKN 1, dan SMP Insan Kamil Tuban.

Untuk peserta Cabor Panahan tahun ini dibatasi usianya maksimal kelahiran 1998. Tujuannya pada kejuaran Porprov tahun 2019 nantinya, atlet Panahan terbaik akan pas usianya. Dari puluhan peserta rata-rata kelahirannya tahun 2001-2004.

“Dari Koni juga membatasi usia atlet supaya dapat dikirim pada kejuaran tahun berikutnya,” imbuh pria kelahiran Tulunggagung.

Meskipun devisi Paralon terbilang baru, namun tahun ini ada 30 atlet dari usai SD-SMP yang mengikuti. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak generasi Tuban yang berminat pada Cabor Panahan.

Iwan menjelaskan Cabor yang diperlombakan pada jarak 50 meter ini, penilaiannya sistem hitung ketepatan target. Dari 36 tembakan anak panah nantinya dihitung ketepatannya pada titik yang disediakan panitia.

“Apabila anak panah tepat mengenai titik warna kuning nilainya paling tinggi, dan semakin menjauhi pusat target nilainya semakin rendah,” tutupnya. (Ron)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here