HomeBeritaKompetisi Jarang Digelar, Sulit Raih Prestasi

Kompetisi Jarang Digelar, Sulit Raih Prestasi

Konituban – Jika melirik perkembangan olah raga bola basket di Kabupaten Tuban, sampai saat ini, belum terlihat adanya sebuah prestasi mencolok yang dapat di capai oleh atlet-atlet basket lokal Bumi Wali Tuban.

Sejauh ini, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Tuban, selaku induk organisasi yang menaungi dan bertanggung jawab terhadap perkembangan cabang olah raga bola basket di wilayah setempat belum mampu menunjukan ataupun menorehkan prestasi yang gemilang bagi Bumi Wali Tuban.

Berlatih : Para pecinta dan altel olah raga bola basket saat berlatih di GOR Ranggajaya Anoraga Tuban.
Berlatih : Para pecinta dan altel olah raga bola basket saat berlatih di GOR Ranggajaya Anoraga Tuban.

Menurut Kepala Bidang Kompetisi dan Perwasitan (Perbasi) Tuban, Dodi Wijaya, kurangnya ajang kejuaraan dan kompetisi antar klub basket lokal, menjadi salah satu faktor penyebab minimnya prestasi yang bisa ditorehkan oleh atlet-atlet basket setempat (12/08).

Lebih lanjut di jelaskan, banyaknya pengalaman dan pembiasaan bertanding antar tim bola basket sangat diperlukan sebagai modal perlombaan, utamanya untuk membentuk karakter dan mental bertanding yang bagus para pemain.

Sejauh ini, hanya ada dua kali saja setiap tahunnya ajang kompetisi bola basket antar pelajar, di tambah dua tahun sekali di ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab). Karenanya, intensitas kompetisi tersebut dirasa masih kurang untuk dapat membiasakan mental bertanding para pemain.

“Kami dari pihak Perbasi, memang punya agenda untuk membuat kompetisi  liga bola basket antar klub se Kabupaten Tuban. Namun, hal itu belum bisa terwujud, karena terkendala dana dan sarana prasarana (Sarpras) yang belum memadahi untuk bisa dijadikan ajang kompetisi.” Terang Dodi.

Dana dan Sarpras sebagai penunjang untuk latihan menjadi kendala utama. Sebab, lapangan bola basket yang berada di GOR Rangga Jaya Anoraga tersebut belum memenuhi standart lapangan yang bagus untuk dipergunakan latihan.

“Kondisi lapangan basket yang ada saat ini, masih belum layak untuk turnamen. Akibatnya anak-anak tidak bisa maksimal dalam berlatih.” Imbuhnya.

Dodi berharap, kedepan akan ada peningklatan fasilitas latihan bagi cabang olah raga basket yang lebih baik. Sehingga, harapan dari masyarakat tuban akan adanya prestasi dari olah raga bola basket bisa kami penuhi.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Tuban, H Mirza Ali Masnyur, ST. MM, mengatakan, untuk kompetisi bola basket, memang hanya terselenggara saat even Piala Bupati, Piala Semen Gresik, dan ajang Porkab setiap dua tahun sekali saja. Selebihnya memang belum mampu karena keterbatasan anggaran.

“Kalau terkait sarana dan prasarana penunjang, kami harapkan pembangunan Sport Center oleh Pemkab Tuban, bisa segera terwujud. Sebab, nanti di sana juga akan ada fasilitas lapangan bola basket yang sangat bagus untuk dipergunakan latihan.“ Terang Mirza. (Cho)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

Budi sulistiyono on Managemen Bakal Rombak Pemain