Atlet Karate Jenu Sabet Perunggu di Kelas Komite

0
1029
Naila Selvia Putri : Peraih piala perunggu dalam Kejurnas Pila Diknas ke XII di Kabupaten Jombang pada akhir bulan Juli 2016.
Naila Selvia Putri : Peraih piala perunggu dalam Kejurnas Pila Diknas ke XII di Kabupaten Jombang pada akhir bulan Juli 2016.

Konituban – Seorang atlet putri Naila Selvia Putri (9), dari Inkanas ranting Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada tanggal 30-31 Juli 2016 lalu, berhasil menyabet perunggu dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Se-Jawa Timur, Piala Dinas Pendidikan (Diknas) ke-XII Kabupaten Jombang.

Prestasi perdana ini diraihnya pada kejuaraan tingkat provinsi, dimana sebelumnya ia terus fokus berlatih kurang lebih 9 bulan. “Prestasi Naila tak terlepas dari doa orang tuanya dan kerja kerasnya latihan selama ini, “ kata pelatih Inkanas ranting Jenu, Candra Kusuma, ketika ditemui di Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban (5/8).

Atlet putri yang kini masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) Purworejo I, Kecamatan Jenu, memiliki postur tubuh kecil. Tetapi dibalik tubuh mungilnya tersimpan kekuatan luar biasa, untuk mengharumkan nama Bumi Wali di kanca Provinsi.

Di bawah bimbingan dan program latihan rutin pelatihnya, Naila semangat dan pantang menyerah untuk melampaui kekuatannya. Dalam sepekan atlet yang berbobot 20 Kilogram (Kg) itu, hanya mengambil waktu libur di hari Jumat. Selama 6 hari dirinya terus berlatih di kelas fight atau Komite.

“Naila lebih suka latihan kelas komite dan kurang tertarik dengan kelas Kata atau seni karate,” imbuh pelatih yang sudah menggeluti karate sejak tahun 2009 lalu.

Terbukti dalam Kejurnas perdananya, atlet Tuban mampu mengalahkan lawannya dari Kabupaten Pasuruan, Surabaya, dan Jombang. Dalam perebutan tiket final atlet Tuban berhadapan dengan atlet karate dari Jombang. Hasilnya 1-1 dan selisih point hanya pada penilain wasit. Sehingga Tuban hanya puas di peringkat 3 dan membawa pulang Perunggu.

Candra sebagai pelatih Inkanas ranting Jenu, cabang Tuban, terus memotivasi anak didiknya untuk siap kalah. Sebab mental juara sudah sering disampaikan, namun untuk menerima kekalahan harus ditanamkan sejak dini.

Menurutnya dalam dunia karate tidak ada kemenangan di awal, namun adanya tangisan setiap kali bertanding. Selama musuhmu masih mengkonsumsi nasi, prestasi akan mudah diraih. “Kemenangan hanya berpusat pada kekuatan fisik dan rutinitas latihan,” pesan pelatih muda kepada anak didiknya selama latihan.

Diketahui, untuk menghadapai Kejurnas Piala Gubernur tanggal 27-28 Agustus 2016 mendatang, Inkanas ranting Jenu telah menyiapakan 3 atlet unggul salah satunya Naila.
Sedangkan dua atlet lainnya, Azaria Farahma Miska (12), siswi SDAN Temaji 1, dan Rahmat Agil Setia Wiharta (14), kini masih duduk di bangku SMP 6 Tuban, dan kemampuan keduanya sudah kelas Nasional. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here