44 Pecatur Berkompetisi di Porkab IV

0
558

Konituban– Pekan Olah Raga Kabupaaten (Porkab) Tuban 2016, hampir selesai, sebagian besar cabang olahraga (Cabor) yang dijadwalkan tanding sudah dilaksanakan olah masing-masing panitia pelaksana.

Pada pelaksanaan Porkab tahun ini, catur menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, nampak para atlet cabang olahraga yang mengutamakan konsentrasi tinggi dan ketepatan langkah ini beradu diatas bidak catur.

Tercatat dalam kompetisi cabang olah raga catur ada 44 peserta yang terdiri dari 23 atlet putri  dan 21 atlet putra, mereka bertanding menggunakan sistem swis, dimana seluruh peserta akan bertanding dalam lima babak dengan lawannya secara acak alias bukan antar kecamatan.

“Kita gunakan system swis, dimana hanya akan diambil terbaik dari seluruh peserta secara global bukan dari tim kecamatan,” kata Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Tuban, Lukman, yang sekaligus pelaksana cabor.

Lebih lanjut diteragkan, dalam sistem pertandingan ini, bahkan satu kecamatan dapat saja menjadi juara satu, dua atau tiga, karena mereka akan dipertandingkan dengan sistem pemenang melawan pemenang.

Tiap pemai akan berhadapan dengan pemain yang memiliki poin sama, dan setiap pemain akan berhadapan dengan pemain dengan level sama, kecuali pada babak awal, dimana pemain bisa bertemu dengan lawan lebih lemah.

“Karena nanti pemenang akan melawan pemenang, jika sama-sama bagus bisa saja juara diboyong satu kecamatan,” terangnya.

Meski belum provesional benar, akan tetepi para atlet catur sudah mulai ada perkembangan dengan bertambahnya jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya.

“Sudah cukup bagus dengan jumlah itu, karna memang tidak terlalu banyak peminat olahraga ini yang secara khusus ke atlet,” katanya.

Lukman berharap, ada keinginan atlet yang saat ini ikut Porkab untuk lebih serius di cabor catur, karena sampai saat ini cabang catur jika dibanding cabor lainya mash minim peminat.

“Harapan kami cabor ini bisa seperti cabor lainya, banyak peminat dan nantinya bisa berkompetisi ditingkat lebih tinggi,” harap Lukman. (Uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here